Tanaman Unik, Welwitschia Mirabilis

Anda Disini : Home-->Tanaman Unik, Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis mempunyai daya tahan yang luar biasa. Dilihat dari bentuknya, tanaman yang berasal dari Namibia ini termasuk salah satu tanaman unik. Sebab, ia hanya terdiri atas dua daun dan sebuah batang dengan akarnya.Sedangkan, batangnya akan membesar, tapi tidak meninggi.

Welwitschia Mirabilis ini adalah sebuah tanaman yang telah hidup dari jaman purba dan sekarang tumbuh di daerah yang kecil sepanjang wilayah Samudera Atlantik di Namibia dan Angola Selatan.

Tanaman ini merupakan bagian dari divisio tanaman purba Gnetophyta, yang memiliki hubungan sangat dekat dengan konifer (Pinophyta). Gnetophyta memiliki 3 genus dengan tampilan yang sangat berbeda satu sama lain: Melinjo (Gnetum) - liana dengan dedaunan berukuran besar, Ephedra - tanaman belukar dan termasuk juga Welwitschia. Nama Welwitschia diperoleh dari ahli botani Friedrich Welwitsch yang menemukannya pada tahun 1860.

Tanaman tersebut dapat mencapai lebar 8 m dan tinggi 2 m. Dapat hidup sampai 400-1500 tahun dan tidak akan mati sekalipun tidak ada hujan selama 5 tahun karena memperoleh cukup air dari awan kabut dari laut. Tanaman tersebut jika dimasak atau dimakan mentah, akan menyengat ke lidah. Karenanya, Welwitschia Mirabilis juga diberi nama onyanga atau bawang gurun.

0 comments:

Posting Komentar