Planet Nibiru dan Teori Kiamat 2012

Anda Disini : Home-->Planet Nibiru dan Teori Kiamat 2012

Planet Nibiru
Ilustrasi Planet Nibiru


The Twelfth Planet (Planet Kedua Belas) merupakan buku kontroversial hasil terjemahan Zecharia Sitchin dari sebuah tulisan kuno Sumeria. Tulisan yang berusia 6000 tahun tersebut mengungkapkan adanya ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki. Planet ini dikenal dengan nama Nibiru. Lalu, apakah hubungannya dengan Kiamat 2012?

Disebutkan bahwa jauh sebelum ada planet bumi, terdapat sebuah planet bernama tiamat yang letaknya antara Mars dan Jupiter. Suatu hari, Tiamat bertabrakan dengan planet raksasa yang besarnya sekitar 20 kali Jupiter dengan periode orbit 3.630 tahun mengellingi matahari. Planet raksasa inilah yang disebut sebagai The Twelfth Planet atau yang disebut dengan Planet Nibiru (artinya tempat persimpangan atau tempat terjadinya transisi). Lalu, Anunnaki yang selamat dari tabrakan tersebut datang ke bumi. Kabarnya, mereka menciptakan homosapien dari hasil modifikasi gen primata di bumi untuk dijadikan budaknya.

Setelah meninggalkan bumi, manusia dibiarkan untuk memerintah bumi hingga mereka datang kembali. Para pendukung Sitchin meyakini bahwa planet nibiru ini akan memasuki orbit bumi pada 21 Desember 2012 dan menyebabkan gangguan gravitasi.

Akan tetapi, bukti-bukti astronomis yang digunakan untuk teori-teori tersebut dibantah oleh sejumlah peneliti Jepang. Mereka menyimpulkan bahwa bagian terluar dari tata surya terdapat sebuah planet yang belum ditemukan dan diyakini berinteraksi dengan sabuk kuiper. Sabuk kuiper ini menempati wilayah yang sangat luas, yaitu sekitar 30-50 SA dari matahari dan mengandung sejumlah besar objek bebatuan dan metalik.

Selain itu, sabuk kuiper tersebut juga diketahui memiliki karakteristik yang aneh. Salah satunya adalah kuiper cliff (jurang kuiper) yang terdapat pada jarak 50 SA. Jurang ini tidak dapat dihubungkan terhadap resonasi (getaran suara) orbital dengan planet-planet masif (kokoh) seperti Neptunus.

Akhir dari populasi sabuk kuiper tersebut (diyakini oleh bnyak ahli astronomi) dapat saja disebabkan oleh planet yang belum ditemukan. Planet tersebut mungkin sebesar bumi dengan massa 30-70 persen dan mengorbit matahari pada jarak 100-200 SA.

Namun, sejak pluto ditemukan pada tahun 1930, para astronom telah mencari objek lain yang lebih masif. Tentunya, yang dapat menjelaskan gangguan orbital (bagian ruang dengan peluang tinggi untuk menjumpai elektron tertentu dalam sebuah atom) melalui pengamatan pada orbit neptunus dan uranus. Pencarian ini dikenal sebagai pencarian planet X yang diartikan sebagai pencarian planet yang belum teridentifikasi.

Lau pada 1980-an, gangguan orbital dianggap sebagai kesalahan pengamatan. Walaupun planet X ternyata tidak sebesar massa bumi, para peneliti akan tetap mencari objek-objek kuiper lain yang mungkin seukuran plutoid. Jika penemuan tersebut berhasil maka hal itu akan menjadi penemuan spektakuler. Dengan begitu, hal itu dapat membantu memahami evolusi dan karakteristik misterius bagian terluar tata surya. Meskipun sejumlah peneliti mengatakan bahwa nanti Planet yang bernama Nibiru itu akan mendekati bumi dan mempengaruhi Gravitasi bumi, namun kisah Planet Nibiru dan kaitannya dengan Teori Kiamat 2012 masih menjadi misteri.

9 comments:

  1. sekedar berkunjung tuk melepas kangen... :)

    BalasHapus
  2. Salam kabpemalang..
    Sekedar info gan, ternyata setelah outbound link saya cek satu persatu. banyak temen2 blogger yang dulu minta tukeran link dan sekarang sudah mendapatkan pagerank yang lumayan, kini meghapus link saya saya secara sepihak dan tanpa memberitahukan alasan. saya salut atas konsekuensi http://www.aneka-beritaunik.blogspot.com/
    Semoga tetap sukses!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan. Saya juga salut atas konsistensi kabpemalang.blogspot.com dalam menjaga linknya, khususnya link partner dengan sahabat blogger.
      Terima Kasih! dan Sukses selalu!

      Hapus
  3. planet nibiru bener2 misteri .. good blog ... salam sesama blogger ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang.. Tata surya itu sendiri dipenuhi misteri..
      Terima kasih, salam juga untuk agan, happy blogging ^^
      dan jangan lupa b'kunjung lagi xD

      Hapus
  4. tapi belum terbukti sob...ditunda kali ya kiamatnya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah namanya juga manusia gan
      gak bakalan pernah tau kapan kiamat, itu rahasia Allah :)
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  5. Wow, sungguh luar biasa dunia kita ini

    BalasHapus