Tingkatan Cinta

Anda Disini : Home-->Tingkatan Cinta

Tingkatan Cinta

Apakah anda sekarang termasuk orang yang sedang Jatuh Cinta kepada seseorang? Atau Anda belum mendapatkan orang yang bisa anda cintai sepenuh hati? Kalian tahu? Bahwa dalam Cinta sendiri terdapat Tingkatan atau Level, seberapa besar Cinta kita untuk Pasangan kita. Bagi yang sudah menemukan orang yang dicintainya, dengan membaca artikel Tingkatan Cinta ini, anda mungkin dapat melihat anda berada dalam Level yang mana. Untuk yang belum? Cari dulu ya orang yang dapat anda cintai :)

Tingkatan Pertama Cinta adalah istihsan (anggapan baik). Pada tingkatan ini seseorang menyukai wajah seseorang yang menjadi objek cintanya. Dengan demikian, cinta itu pada mulanya bermula dari pandangan mata. Mata seolah-olah berperan sebagai delegasi seseorang yang sedang dilanda cinta, terlebih lagi saat lidah tidak mampu mengexpresikan cinta. Pada Level atau Tingkatan ini interaksi yang terjadi lebih bersifat kesetiakawanan, belum menjadi interaksi cinta.

Tingkatan yang kedua adalah takjub. Pada tingkatan ini seseorang selalu ingin berada di samping objek cintanya dan ingin selalu bercakap-cakap dengannya.

Tingkatan yang ketiga adalah Rindu. Dalam level ini, hati seseorang demikian menggebu-gebu terhadap kekasihnya, sehingga ia akan tersiksa apabila tidak melihat kekasihnya. Semua orang akan ikut merasakan kegelisahannya. Dan kegelisahan tersebut akan terobati tatkala ia melihat kembali kekasihnya.

Lalu Tingkatan yang terakhir adalah tingkatan kasmaran. Pikiran seseorang pada Level ini akan selalu dipenuhi oleh Cinta. Di kalangan penyair, syair yang dilantunkan oleh seseorang yang berada di level ini disebut usyq (syair mabuk cinta).

Nah Tingkatan yang terakhir yaitu Kasmaran, dibagi lagi menjadi 3 tingkatan : Tingkatan Permulaan, Pertengahan dan Akhir.

-  Pada Tingkatan Permulaan setiap orang harus segera menepisnya semaksimal mungkin apabila upaya untuk menuju tambatan hatinya diperkirakan tidak mungkin secara realita atau tidak diperbolehkan secara syar'i.

-  Pada Tingkat Pertengahan, ia tidak mampu menahan kasmaran dan hatinya ingin selalu dekat dengan kekasihnya.

- Sedangkan Tingkat Akhir, dalam hal ini ia harus merahasiakan perbuatannya, tidak perlu disebarluaskan kepada manusia. Artinya mungkin saja karena tidak mampu menahan kasmarannya, ia melakukan zinah meskipun tidak dengan orang yang dicintainya.

Nah, setelah melihat Tingkatan Cinta tadi kira-kira anda berada di tingkatan yang mana? Hati-hati jika anda sudah termasuk ke tingkatan kasmaran, karena mungkin saja anda sudah dekat dengan syiriq atau zinah.

0 comments:

Posting Komentar