Tips Merawat Otak

Anda Disini : Home-->Tips Merawat Otak


Berita unik. Kalian tentu tahu bahwa otak yang diberikan oleh sang Pencipta, Allah Swt., adalah berupa sebuah anugerah dari sekian banyak anugerah. Tapi sayangnya banyak manusia yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Ibarat pisau, bila otak kita jarang diasah akan semakin tumpul. Berikut ini ada berita unik cara mengasah otak. sederhana kok. Simak yu....

1.   Lawan Rutinitas.

Maksud dari lawan rutinitas disini adalah lawan kebiasaan sehari-hari kamu. Misal, bila kamu terbiasa makan dengan tangan kanan, coba makan dengan tangan kiri. Dengan begitu, otak kita akan terbiasa dengan hal-hal yang baru.

2.   Minum Air Putih Yang Banyak.

Kalian tahu? Bahwa sebagian besar dari otak kita terdiri dari air. Karena itu apa yang kita minum menentukan kualitas otak kita. Meminum air putih yang sehat adalah kuncinya.

3.   Tidur Secukupnya.

Untuk anak kecil, tidur 8 jam sehari adalah yang dibutuhkan. Namun untuk orang dewasa mungkin tidur 6 jam sudah sangat cukup. Hati-hati jangan terlalu banyak tidur, bila berlebihan justru merusak otak. Usahakan juga tidur dalam keadaan gelap dan tidak ada suara (televisi ataupun music) karena bila ada suara ataupun cahaya, indera yang bersangkutan akan terus mengirim sinyal kepada otak dan itu membuat otak tak dapat beristirahat.

4.   Berlatih Menarik Nafas

Otak butuh oksigen. Karena itu, usahakan kondisi tubuh ataupun jiwa dalam keadaan yang baik. Menarik nafas secara teratur dapat membuat kita tenang dan rileks, membuat oksigen mudah diangkut ke otak.

5.   Membaca

Bacalah Novel, ataupun buku edukasi. Bagi para pecinta novel tentu tahu bahwa ketika kita membaca novel, kita sering berimajinasi. Tentang cerita ataupun tokohnya. Berimajinasi disinilah yang dapat melatih otak kita.

6.   Hindari Fikiran Negatif

Ketika kita berfikir negatif, tubuh menghasilkan hormon yang dapat merusak sel-sel otak. Karena itu, biasakan berfikir positif yah...

Nah itu tadi beberapa tips untuk mencegah menurunnya fungsi otak. Semoga bermanfaat.. :)

2 comments:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sob.. :)
      Kata2 sobat meningkatkan semangat blogging saya lagi..

      Hapus